Cari Blog Ini

Rabu, 14 November 2012

AL QURAN SEBAGAI PEMANDU KEHIDUPAN


PENGGUNAAN ALQURAN SEBAGAI PEMANDU KEHIDUPAN
Oleh: Nur Aina Hasna

Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat Jibril. Alquran merupakan sumber utama dalam ajaran Islam. Alquran ini diturunkan secara berangsur-angsur agar manusia mudah memahami isi dan kandungannya. Didalamnya memuat pembahasan tentang kehidupan di dunia dan di akhirat, serta ilmu pengetahuan, hukum.
Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, manusia tidak terlepas dari berbagai macam problematika. Problematika yang dialami manusia semata-mata sebagai cobaan untuk mengukur keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dalam konteks ini Alquran menjadi solusi yang tepat dalam pemecahan masalah dan sebagai pemandu kehidupan ini agar terciptanya rasa tentram dan bahagia.
 Sebagai hamba Allah yang diciptakan paling sempurna, tidak dipungkiri sejelek-jelek tingkah laku manusia pasti mempunyai keinginan untuk menjadi orang yang baik dan berperilaku qurani. Tetapi, untuk meraih dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari diperlukan niat yang ikhlas serta menjalani kehidupannya berpedoman kepada Alquran.
Namun, Alquran di era modern ini sangat minim digunakan oleh sebagian umat Islam. Kesibukan dan ketidaktahuan sebagian masyarakat metropolitan dan pedesaan yang enggan untuk membaca kalam Allah SWT. Tujuan hidupnya hanya mencari kehidupan duniawi, tanpa memikirkan kehidupan di akhirat kelak. Akhirnya, untuk mencari kebahagiaan duniawi tersebut, sebagian dari mereka memperolehnya dari hasil pesugihan, dll.
  Di dalam Alquran sudah dijelaskan, bahwa sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mukmin yang mengerjakan amal saleh, bahwa bagi mereka ada pahala yang besar. (Al isra ayat 9)
 Berdasarkan terjemahan tersebut, dijelaskan bahwa Setiap Muslim, bahkan setiap orang, berkewajiban untuk mempelajari dan memahami Alquran. Karena di dalamnya banyak memuat ayat-ayat yang membahas perintah dan larangan-Nya. Dengan panduan-panduan yang sudah terkandung dalam Alquran, manusia memiliki potensi untuk mengetahui dan memanfaatkan ilmu pengetahuan serta dapat membentuk dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar